Kediri

Edukasi Non Fisik, Satgas TMMD Kodim Kediri Gandeng DMPD Beri Pemahaman Pemanfaatan Teknologi

Diterbitkan

-

EDUKASI: Pemberian edukasi non fisik oleh Satgas TMMD 122 Kodim 0809/Kediri kepada warga. (ist)

Memontum Kediri – Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122, Kodim 0809/Kediri menggandeng Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur, memberikan edukasi kepada masyarakat di Balai Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Rabu (16/10/2024) tadi. Salah satu edukasi yang diberikan, yaitu lebih dikenalkan kepada Program Belajar Inovasi di Desa (Belanova).

Kegiatan yang menjadi sasaran non fisik TMMD ke-122 Kodim 0809/Kediri ini, berfokus pada pemanfaatan teknologi tepat guna yang berada di desa. Hadir dalam edukasi itu, Pakor Umum TMMD Kodim 0809/Kediri, Lettu Inf Iskak, Direktur PDAM Kabupaten Kediri, Imawan Waskito, Ketua tim Substansi SDA dan TTG DPMD Provinsi Jatim, Yela dan Kades Desa Pagung.

Diterangkan Yela, bahwa dipilihnya program Belanova untuk diberikan kepada masyarakat, karena teknologi seperti pemanfaatan handphone (HP) adalah bukan hal baru di masyarakat. Sehingga, diharapkan dengan pemanfaatan teknologi ini, maka bisa membantu dalam menaikan tingkat pendapatan masyarakat di desa. “Teknologi itu tidak harus dari sebuah alat yang canggih. Karena alat itu bisa dari HP atau juga bisa dari desa. Dengan mampu mengembangkan potensi yang ada, maka pemanfaatan teknologi tepat guna yang ada di desa akan memberikan manfaat luar biasa,” terangnya.

Baca juga :

Advertisement

Dirinya memberikan salah satu contoh potensi desa, yakni dengan pembuatan pupuk organik. Dimana bahan pembuatannya semua ada di desa dan bisa dipelajari dari teknologi.

“Kita sampaikan kepada masyarakat, bahannya ada dari alam dan tinggal mereka mengolahnya bagaimana. Sehingga, Belanova ini bisa terwujud bagi masyarakat Desa Pagung,” terangnya.

Selain pada sasaran fisik, TMMD 122 Kodim 0809/Kediri juga memfokuskan pada sasaran non fisik sebagai bagian pemberdayaan masyarakat bersinergi dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten. (pan/gie)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas