Kediri

Jelang Raimuna Jawa Timur XIV, Ketua Pramuka Kwarcab Kediri Beri Bekal untuk 38 Kontingen Kwarcab

Diterbitkan

-

Memontum Kediri – Ketua Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Kediri, Eriani Annisa Hanindhito, menyampaikan harapannya kepada 38 Kontingen Kwarcab Pramuka sebagai bekal acara Raimuna Jawa Timur XIV tahun 2023. Acara tingkat provinsi dengan konsep pentas seni dan kepramukaan itu, akan digelar di Pantai Prigi-Trenggalek, pada tanggal 16 hingga 21 November mendatang.

Disampaikan Mbak Cicha-sapaan akrabnya, bahwa gerakan pramuka sebagai pembentukan karakter kebangsaan dan keterampilan untuk mencapai generasi emas yang bernilai luhur dan berbudi pekerti. Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Kediri, pihaknya memberikan pengarahan dan bimbingan supaya seluruh kontingen dapat memaksimalkan bekal yang telah diberikan.

“Tunjukkan dengan penuh kecintaan dan keyakinan diri, bahwa gerakan pramuka Indonesia adalah salah satu kepanduan terbaik,” katanya, di acara Pelepasan di Aula Kantor Kementerian Agama, Rabu (15/11/2023) tadi.

Seperti yang diketahui, acara yang digelar setiap lima tahun sekali itu menjadi pertemuan besar para penegak pandega. Selain untuk menambah relasi, juga sebagai sarana pembinaan yang bersifat edukatif dengan menitikberatkan persaudaraan dan kerukunan.

Advertisement

Baca juga :

Oleh karena itu, pihaknya berharap seluruh kontingen mampu menyerap nilai-nilai selama acara untuk diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Termasuk, tetap menjalin kebersamaan dalam perjuangan menuju tatanan hidup yang sejahtera dan beradab.

“Sebar dan sampaikan nilai positif yang kalian dapatkan agar budaya itu terus hidup di dalam hati generasi muda Indonesia,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Pembina Putra, Abdullah Rosyaad, mengungkapkan bahwa proses persiapan pelaksanaan sudah dilakukan jauh-jauh hari. Selain memberi arahan, pihaknya kini tengah menindaklanjuti pelatihan demi capaian yang maksimal.

Hal itu, ujarnya, ditandai adanya rencana penampilan kesenian jaranan yang bertujuan untuk mengenalkan lebih luas bahwa Kediri masih mengangkat budaya aslinya. “Dari tim memaksimalkan peran itu, sehingga mereka betul-betul memiliki bekal yang bagus,” terangnya.

Advertisement

Adapun dari 38 kontingen itu, terdiri dari 16 pramuka penegak putra dan 16 penegak putri serta 6 lainnya menjadi tim kontingen. (kom/pan/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas